Sejarah Hidup Muhammad

oleh Muhammad Husain Haekal

Indeks Islam | Indeks Haekal | Indeks Artikel | Tentang Penulis
ISNET Homepage | MEDIA Homepage | Program Kerja | Koleksi | Anggota

 

1. KEBUDAYAAN ISLAM SEPERTI DILUKISKAN QUR'AN            (3/6)
Muhammad Husain Haekal
 
Kalau   tujuan   puasa   itu   supaya  tubuh  tidak  terlampau
memberatkan  jiwa,  sifat  materialisma  kita  jangan  terlalu
menekan  sifat  kemanusiaan kita, orang yang menahan diri dari
waktu fajar sampai malam, kemudian sesudah  itu  hanyut  dalam
berpuas-puas  dalam  kesenangan,  berarti ia sudah mengalihkan
tujuan tersebut. Tanpa puasa pun hanyut dalam  memuaskan  diri
itu  sudah  sangat  merusak,  apalagi  kalau  orang  berpuasa,
sepanjang hari ia menahan diri dari  segala  makanan,  minuman
dan  segala  kesenangan,  dan bilamana sudah lewat waktunya ia
lalu menyerahkan diri kepada apa saja yang dikiranya di  waktu
siang  ia  tak  dapat menikmatinya! Kalau begitu Tuhan jugalah
yang menyaksikan,  bahwa  puasanya  bukan  untuk  membersihkan
diri,  mempertinggi  sifat  kemanusiaannya,  juga  ia berpuasa
bukan atas kehendak sendiri karena percaya,  bahwa  puasa  itu
memberi   faedah  kedalam  rohaninya,  tapi  ia  puasa  karena
menunaikan suatu kewajiban,  tidak  disadari  oleh  pikirannya
sendiri  perlunya  puasa  itu.  Ia  melihatnya  sebagai  suatu
kekangan atas kebebasannya, begitu kebebasan itu berakhir pada
malam  harinya,  begitu  hanyut ia kedalam kesenangan, sebagai
ganti puasa yang telah mengekangnya tadi. Orang yang melakukan
ini  sama  seperti  orang yang tidak mau mencuri, hanya karena
undang-undang melarang pencurian, bukan karena  jiwanya  sudah
cukup   tinggi   untuk   tidak  melakukan  perbuatan  itu  dan
mencegahnya atas kemauan sendiri pula.
 
Sebenarnya  tanggapan  orang  mengenai  puasa  sebagai   suatu
tekanan  atau pencegahan dan pembatasan atas kebebasan manusia
adalah suatu tanggapan yang salah  samasekali,  yang  akhirnya
akan menempatkan fungsi puasa tidak punya arti dan tidak punya
tempat lagi. Puasa yang sebenarnya  ialah  membersihkan  jiwa.
Orang  berpuasa  diharuskan oleh pikiran kita yang timbul atas
kehendak  sendiri,  supaya  kebebasan  kemauan  dan  kebebasan
berpikirnya  dapat  diperoleh kembali. Apabila kedua kebebasan
ini  sudah  diperolehnya  kembali,  ia  dapat  mengangkat   ke
martabat   yang  lebih  tinggi,  setingkat  dengan  iman  yang
sebenarnya kepada Allah. Inilah yang  dimaksud  dengan  firman
Tuhan  -  setelah  menyebutkan  bahwa  puasa  telah diwajibkan
kepada  orang-orang  beriman  seperti  sudah  diwajibkan  juga
kepada orang-orang yang sebelum mereka:
 
"Beberapa  hari  sudah ditentukan. Tetapi barangsiapa diantara
kamu ada yang sakit atau sedang dalam perjalanan,  maka  dapat
diperhitungkan  pada kesempatan lain. Dan buat orangorang yang
sangat berat menjalankannya,  hendaknya  ia  membayar  fid-yah
dengan memberi makan kepada orang rniskin, dan barangsiapa mau
mengerjakan kebaikan atas kemauan sendiri, itu lebih baik buat
dia;  dan  bila kamu berpuasa, itu lebih baik buat kamu, kalau
kamu mengerti." (Qur'an, 2: 184)
 
Seolah tampak aneh apa yang saya  katakan  itu,  bahwa  dengan
puasa  kita  dapat  memperoleh  kembali  kebebasan kemauan dan
kebebasan berpikir kalau  yang  kita  maksudkan  dengan  puasa
dengan  segala  apa yang baik itu untuk kehidupan rohani kita.
Ini memang tampak aneh,  karena  dalam  bayangan  kita  bentuk
kebebasan  ini  telah  dirusak  oleh  pikiran modern, bilamana
batas-batas  rohani  dan  mental  itu  dihancurkan,   kemudian
batas-batas  kebendaannya  dipertahankan,  yang  oleh  seorang
prajurit  dapat  dilaksanakan  dengan  pedang   undang-undang.
Menurut  pikiran  modern,  manusia  tidak  bebas  dalam hal ia
melanda harta atau pribadi orang lain. Akan  tetapi  ia  bebas
terhadap  dirinya  sendiri  sekalipun  hal ini sudah melampaui
batas-batas segala yang dapat diterima  akal  atau  dibenarkan
oleh  kaidah-kaidah  moral. Sedang kenyataan dalam hidup bukan
yang demikian. Kenyataannya ialah manusia budak  kebiasaannya.
Ia  sudah  biasa makan di waktu pagi; waktu tengah hari, waktu
sore. Kalau dikatakan kepadanya: makan pagi dan sore  sajalah,
maka ini akan dianggapnya suatu pelanggaran atas kebebasannya.
Padahal itu adalah pelanggaran atas  perbudakan  kebiasaannya,
kalau  benar  ungkapan  demikian  ini.  Orang yang sudah biasa
merokok sampai kebatas ia diperbudak oleh kebiasaan merokoknya
itu, lalu dikatakan kepadanya: sehari ini kamu jangan merokok,
maka ini  dianggapnya  suatu  pelanggaran  atas  kebebasannya.
Padahal  sebenarnya  itu  tidak  lebih adalah pelanggaran atas
perbudakan kebiasaannya. Ada lagi orang yang sudah biasa minum
kopi  atau  teh  atau  minuman lain apa saja dalam waktu-waktu
tertentu lalu dikatakan kepadanya:  gantilah  waktu-waktu  itu
dengan  waktu  yang  lain,  maka  pelanggaran  atas perbudakan
kebiasaannya  itu   dianggapnya   sebagai   pelanggaran   atas
kebebasannya.  Budak  kebiasaan  serupa  ini  merusak kemauan,
merusak arti yang sebenarnya dari  kebebasan  dalam  bentuknya
yang sesungguhnya.
 
Disamping  itu,  ini  juga  merusak cara berpikir sehat, sebab
dengan demikian berarti ia  telah  ditunjukkan  oleh  pengaruh
hajat jasmani dari segi kebendaannya, yang sudah dibentuk oleh
kebiasaan  itu.  Oleh  karena  itu  banyak  orang  yang  telah
melakukan  puasa  dengan cara yang bermacam-macam, yang secara
tekun dilakukannya dalam waktu-waktu  tertentu  setiap  minggu
atau  setiap  bulan. Tetapi Tuhan menghendaki yang lebih mudah
buat manusia dengan diwajibkan kepada mereka  berpuasa  selama
beberapa  hari  yang  sudah  ditentukan, supaya dalam pada itu
semua sama, dengan diberikan pula kesempatan  fid-yah.  Mereka
masing-masing yang telah dibebaskan karena dalam keadaan sakit
atau sedang dalam perjalanan dapat mengganti puasanya itu pada
kesempatan lain.
 
Kewajiban  berpuasa  selama  hari-hari  yang  sudah ditentukan
untuk memperkuat arti persaudaraan dan  persamaan  di  hadapan
Tuhan,  sungguh  suatu  latihan  rohani  yang luarbiasa. Semua
orang, selama menahan  diri  sejak  fajar  hingga  malam  hari
mereka  telah melaksanakan persamaan itu antara sesama mereka,
sama  halnya   seperti   dalam   sembahyang   jamaah.   Dengan
persaudaraan demikian selama itu mereka merasakan adanya suatu
perasaan yang mengurangi rasa kelebihan mereka dalam  mengecap
kenikmatan  rejeki  yang  diberikan  Tuhan  kepadanya.  Dengan
demikian puasa berarti memperkuat arti kebebasan, persaudaraan
dan   persamaan  dalam  jiwa  manusia  seperti  halnya  dengan
sembahyang.
 
Kalau kita menyambut puasa dengan kemauan sendiri dengan penuh
kesadaran bahwa perintah Tuhan tak mungkin bertentangan dengan
cara-cara berpikir  yang  sehat,  yang  telah  dapat  memahami
tujuan  hidup dalam bentuknya yang paling tinggi, tahulah kita
arti puasa yang dapat membebaskan kita  dari  budak  kebiasaan
itu,  yang  juga  sebagai latihan dalam menghadapi kemauan dan
arti kebebasan kita sendiri.  Disamping  itu  kita  pun  sudah
diingatkan,  bahwa  apa yang telah ditentukan manusia terhadap
dirinya sendiri - dengan kehendak Tuhan - mengenai batas-batas
rohani   dan   mentalnya   sehubungan  dengan  kebebasan  yang
dimilikinya untuk melepaskan diri dari beberapa kebiasaan  dan
nafsunya,  ialah cara yang paling baik untuk mencapai martabat
iman yang paling tinggi itu. Apabila taklid dalam  iman  belum
dapat disebut iman, melainkan baru Islam yang tanpa iman, maka
taklid dalam puasa juga belum dapat disebut puasa. Oleh karena
itu  orang  yang  bertaklid menganggap puasanya suatu kekangan
dan  membatasi  kebebasannya  -  sebaliknya   daripada   dapat
memahami   arti   pembebasan  dari  belenggu  kebiasaan  serta
konsumsi rohani dan mental yang sangat besar itu.

Apabila dengan jalan latihan rohani ini manusia  telah  sampai
kepada arti hukum dan rahasia-rahasia alam dan mengetahui pula
dimana tempatnya dan tempat anak manusia ini, cintanya  kepada
sesama  anak  manusia  akan  lebih  besar lagi, dan semua anak
manusia  saling  cinta  dalam  Tuhan.   Mereka   akan   saling
tolong-menolong  untuk  kebaikan dan rasa takwa - menjaga diri
dari kejahatan. Yang kuat  mengasihi  yang  lemah,  yang  kaya
mengulurkan  tangan kepada yang tidak punya. Ini adalah zakat,
dan selebihnya sedekah. Dalam sekian banyak ayat Qur'an selalu
mengaitkan  zakat  dengan  salat.  Kita  sudah  membaca firman
Tuhan:
 
"Tetapi kebaikan itu ialah orang  yang  sudah  beriman  kepada
Allah,  kepada  hari  kemudian, malaikat, Kitab dan para nabi;
mengeluarkan    harta    yang    dicintainya    itu     kepada
kerabat-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang
yang melepaskan perbudakan, mengerjakan salat dan mengeluarkan
zakat." (Qur'an, 2: 177)
 
"Kamu  kerjakanlah  sembahyang  dan keluarkan pula zakat serta
tundukkan kepala (ruku') bersama orang-orang yang  menundukkan
kepala." (Qur'an, 2: 43)
 
"Beruntunglah  orang-orang  yang  sudah  beriman.  Mereka yang
dengan khusyu' mengerjakan sembahyang. Mereka yang  menjauhkan
diri  dan  percakapan  yang  tiada  berguna.  Dan  mereka yang
mengeluarkan zakat." (Qur'an, 23: 1-4)
 
Ayat-ayat  yang  mengaitkan  zakat  dengan  salat  itu  banyak
sekali.
 
Apa  yang  disebutkan  dalam  Qur'an tentang zakat dan sedekah
cukup menyeluruh dan kuat sekali.  Dalam  melakukan  perbuatan
baik,  sedekah  itu  terletak  pada tempat pertama, orang yang
melakukannya akan mendapat pahala yang amat  sempurna.  Bahkan
ia  terletak disamping iman kepada Allah, sehingga kita merasa
seolah itu sudah hampir sebanding. Tuhan berfirman:
 
"Tangkaplah orang itu dan belenggukanlah.  Kemudian  campakkan
kedalam  api  menyala. Sesudah itu belitkan dengan rantai yang
panjangnya tujuhpuluh hasta. Dahulu ia sungguh  tidak  beriman
kepada  Allah  Yang  Maha  Besar.  Juga  tidak mendorong orang
memberi makan orang miskin." (Qur'an, 69: 30-34)
 
"... Dan sampaikan berita gembira kepada mereka  yang    taat.
Yaitu  mereka,  yang  apabila  disebutkan  nama  Tuhan hatinya
merasa takut  karena  taatnya,  dan  mereka  yang  tabah  hati
terhadap apa yang menimpa mereka serta mereka yang mengerjakan
salat dan menafkahkan sebagian  rejeki  yang  diberikan  Tuhan
kepada mereka."' (Qur'an, 22: 34-35)
 
"Mereka  yang  menafkahkan hartanya - baik di waktu malam atau
di waktu siang, dengan sembunyi atau  terang-terangan,  mereka
akan mendapat pahala dari Tuhan. Tidak usah mereka takut, juga
jangan bersedih hati" (Qur'an, 2: 274)
 
Qur'an tidak hanya menyebutkan masalah-masalah  sedekah  serta
pahalanya  yang  akan diberikan Tuhan yang sama seperti pahala
orang beriman dan mengerjakan sembahyang, bahkan adab  sedekah
itu telah dilembagakan pula dengan suatu tatacara yang sungguh
baik sekali.
 
"Bilamana kamu memperlihatkan sedekah  itu,  itu  memang  baik
sekali. Tetapi kalau pun kamu sembunyikan memberikannya kepada
orang fakir, maka itu pun lebih baik lagi buat kamu." (Qur'an,
2: 271)
 
"Perkataan  yang  baik  dan pemberian maaf lebih baik daripada
sedekah yang disertai hal-hal  yang  tidak  menyenangkan  hati
Allah  Maha  Kaya  dan  Maha  Penyantun.  Orang-orang beriman,
janganlah   kamu   hapuskan   nilai   sedekahmu   itu   dengan
menyebut-nyebutnya  dan  menyakiti  hati  orang."  (Qur'an, 2:
263-264)
 
Firman Tuhan  itu  memberikan  pula  penjelasan  kepada  siapa
sedekah itu harus diberikan:
 
Sedekah  itu  hanyalah  untuk  orang-orang  fakir, orang-orang
miskin, pengurus  zakat,  orang-orang  yang  perlu  dilunakkan
hatinya,   untuk   melepaskan   perbudakan,  orang-orang  yang
dibebani utang, untuk jalan Allah dan mereka yang sedang dalam
perjalanan. Inilah yang telah diwajibkan oleh Allah, dan Allah
Maha Mengetahui dan Bijaksana." (Qur'an, 9: 60)

Zakat dan  sedekah  itu  salah  satu  kewajiban  dalam  Islam,
termasuk  salah  satu rukun Islam. Tetapi apakah kewajiban ini
termasuk  ibadat,  ataukah  masuk  bagian  akhlak?  Tentu  ini
termasuk  ibadat.  Semua  orang  beriman  bersaudara, dan iman
seseorang belum lagi sempurna sebelum ia mencintai  saudaranya
seperti  mencintai  dirinya sendiri. Dengan berpegang pada Nur
Ilahi  antara  sesama  mereka,  orang-orang   beriman   saling
cinta-mencintai.  Kewajiban  zakat  dan  sedekah  terikat oleh
persaudaraan ini, bukan oleh akhlak dan disiplinnya serta oleh
hubungan  antar-manusia  dengan  segala tata-tertibnya. Segala
yang terikat oleh persaudaraan, terikat juga oleh iman  kepada
Allah,  dan  segala  yang terikat oleh iman kepada Allah ialah
ibadah. Itu sebabnya maka zakat menjadi salah satu rukun Islam
yang  lima,  dan  karena  itu pula setelah Nabi wafat Abu Bakr
menuntut  supaya   Muslimin   menunaikan   zakatnya.   Setelah
dilihatnya  ada sebagian orang yang mau membangkang, Pengganti
Muhammad itu melihat pembangkangan ini sebagai suatu kelemahan
dalam  iman  mereka;  mereka lebih mengutamakan harta daripada
iman, mereka hendak meninggalkan disiplin  rohani  yang  telah
ditentukan   Qur'an   itu.   Dengan   demikian  ini  merupakan
kemurtadan dari Islam. Karena 'perang ridda' itu  jugalah  Abu
Bakr   berhasil   mengukuhkan   kembali   sejarah   Islam  itu
selengkapnya, dan  yang  tetap  menjadi  kebanggaan  sepanjang
sejarah.

Dengan   fungsi  zakat  dan  sedekah  sebagai  kewajiban  yang
bertalian  dengan  iman  dalam  disiplin  rohanl  ia  dianggap
sebagai  salah  satu  unsur  yang  harus  membentuk kebudayaan
dunia. Inilah hikmah yang paling tinggi yang akan mengantarkan
manusia  mencapai kebahagiaannya. Harta dan segala keserakahan
orang   memupuk-mupuk   harta   merupakan   sebab    timbulnya
superioritas  (rasa  keunggulan)  seorang  kepada  yang  lain.
Sampai sekarang ia masih merupakan sebab timbulnya penderitaan
dunia  ini  dan  sumber  pemberontakan  dan peperangan selalu.
Sampai sekarang mammonisma - penyembahan harta -  masih  tetap
merupakan  sebab timbulnya dekadensi moral yang selalu menimpa
dunia  dan  dunia  tetap  bergelimang  dibawah  bencana   itu.
Memupuk-mupuk  harta  dan  keserakahan  akan harta itulah yang
telah  menghilangkan  rasa  persaudaraan  umat  manusia,   dan
membuat  manusia  satu  sama lain saling bermusuhan. Sekiranya
pandangan mereka itu lebih sehat  dengan  pikiran  yang  lebih
luhur,  tentu  akan  mereka lihat bahwa persaudaraan itu lebih
kuat  menanamkan  kebahagiaan  daripada  harta,  mereka   akan
melihat  juga  bahwa  memberikan harta kepada yang membutuhkan
akan lebih terhormat pada  Tuhan  dan  pada  manusia  daripada
orang  harus tunduk kepada harta itu. Kalau benar-benar mereka
beriman kepada Allah tentu mereka akan saling bersaudara,  dan
manifestasi  persaudaraan  ini  ialah pertolongan kepada orang
yang   sedang   dalam   penderitaan,   membantu   orang   yang
membutuhkannya  dan  dapat  pula  menghapuskan kemiskinan yang
akan menjerumuskan manusia kedalam penderitaan itu.
 
                                    (bersambung ke bagian 4/6)
 
---------------------------------------------
S E J A R A H    H I D U P    M U H A M M A D
 
oleh MUHAMMAD HUSAIN HAEKAL
diterjemahkan dari bahasa Arab oleh Ali Audah
 
Penerbit PUSTAKA JAYA
Jln. Kramat II, No. 31 A, Jakarta Pusat
Cetakan Kelima, 1980
 
Seri PUSTAKA ISLAM No.1

Indeks Islam | Indeks Haekal | Indeks Artikel | Tentang Penulis
ISNET Homepage | MEDIA Homepage | Program Kerja | Koleksi | Anggota

Please direct any suggestion to Media Team